PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 29 MEDAN

Batubara, Rajo (2007) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN MINAT SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 29 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
035020235 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020235 daftar isi.pdf - Published Version

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020235 abstrak.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020235 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020235 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020235 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diremedial yang diajar dengan strategi menggunakan alat peraga dan strategi menggunakan lembar kerja siswa, (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang diremedial yang memiliki minat belajar tinggi dengan minat belajar rendah, (3) Interaksi antara strategi pembelajaran remedial (menggunakan alat peraga dan menggunakan lembar kerja siswa) dan minat belajar siswa (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa.Populasi penelitian ini dilalukan di SMP Negeri 29 Medan tahun ajaran 2005/2006 yang belum tuntas kompetensi dasar matematika sebanyak 90 orang. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan raneangan faktorial 2x2. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan teknik random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 47 orang siswa.Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar yang berupa tes pilihan berganda sebanyak 40 item dan angket minat belajar sebanyak 50 item. Pengukuran hasil belajar dilakukan setelah selesai melaksanakan perlakuan strategi pembelajaran melalui post-test. Koefisien reliabilitas tes diperoleh sebesar 0,80 diukur dengan menggunakan rumus Spearman Brown. Angket minat belajar disusun berdasarkan indikator dengan koefisien keterandalan sebesar 0,96. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varians (ANAVA) dua jalur.Dan hasil pengujian hipotesis penelitian ini diperoleh : Pertama, harga Fhitung adalah 10,53 dan harga Ftithel untuk a = 0,05 adalah 4,05. Angka Fhit.g lebih besar dari Ftahel path signifikan 0,05. Dengan demikian hipotesis nol ditolak, dan hipotesis penelitian diterima kebenarannya. Kedua, harga Fhitung adalah 114,58 dan harga Ftabel untuk α = 0,05 adalah 4,05. Angka Fhitung lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian hipotesis nol ditolak, dan hipotesis penelitian teruji kebenarannya. Ketiga, harga Fhitung adalah 22,30 dan harga Ftabell untuk α = 0,05 adalah 4,05. Angka Fhitung lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian hipotesis nol ditolak, dan hipotesis penelitian teruji kebenarannya.Berdasarkan hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diremedial yang diajar dengan strategi menggunakan alat peraga dengan strategi menggunakan lembar kerja siswa. Hasil belajar siswa yang diremedial dengan strategi menggunakan lembar kerja siswa lebih tinggi dari pada strategi menggunakan alat peraga; (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diremedial yang memiliki minat belajar tinggi dengan minat belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: 373.236 Bat p
Keywords: Minat Siswa; Remedial; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2644

Actions (login required)

View Item View Item