PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Zulhilmi (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7133142044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133142044 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133142044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133142044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133142044 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133142044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133142044 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133142044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133142044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133142044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133142044 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133142044 TABLES.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133142044 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133142044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133142044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133142044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7133142044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7133142044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133142044 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133142044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Langsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa Kelas XI AK SMK Negeri 1 Langsa Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi pokok pengelolaan kartu utang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Langsa yang beralamat di Jalan Syiah Kuala Lr Peutua Luwi Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK dengan jumlah 50 orang. Sampel dalam penelitan ini adalah seluruh populasi penelitian yang dilakukan dengan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan ujicoba instrumen untuk mengetahui hasil validitas, hasil realibilitas, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 83,2 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,27 dan skor rata-rata kelas kontrol 77,2 dengan Standar Deviasi (SD) = 8,42. Dengan demikian hasil belajar yang diajarkan pendekatan saintifik lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan metode konvensional. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh diperoleh thitung = 2,58 dan ttabel = 1,6788 pada taraf signifikan 95%, sehingga thitung > ttabel yaitu 2,58 > 1,6788 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada pelajaran akuntansi kelas Kelas XI AK SMK Negeri 1 Langsa Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi pokok pengelolaan kartu utang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 134
Keywords: Hasil belajar akuntansi; Pengelolaan kartu uang; Pendekatan saintifik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 10:36
Last Modified: 15 Sep 2017 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

View Item
View Item