PERBEDAAN HASIL BELAJAR TURUNAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT)

Amalia, Poppy and Aprilia, Shirley (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TURUNAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Turunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada tipe NHT dan mengetahui bagaimana proses jawaban siswa di kelas XI MAN 2 Model Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA semester genap yang terdiri dari 4 kelas paralel dan yang menjadi sampel adalah dua kelas yang dipilih secara acak dimana kelas XI IPA 4 sebagai kelas STAD dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas NHT dengan masing-masing jumlah sampel 41 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pre-test dan post-test yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Nilai rata-rata post-test pada kelas STAD adalah 88,756 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Nilai rata-rata post-test pada kelas NHT adalah 80,488 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Dari hasil analisis data pre-test pada kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Dari uji hipotesis data post-test pada kedua sampel diperoleh t hitung > ttabel (3,819 > 1,664) artinya bahwa hasil belajar turunan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas XI IPA MAN 2 Model Medan. Pada proses jawaban siswa hampir sebagian besar proses jawaban siswa telah sesuai dengan indikator namun adanya perbedaan dalam gaya diskusi menyebabkan perbedaan hasil belajar dimana hasil belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada tipe NHT.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Number head together; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2017 10:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26417

Actions (login required)

View Item View Item