PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG

Ardian, Muhammad and Ramadhani, Khairina (2017) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTs AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa di kelas VII-3 Ts Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung sebelum diberikan tindakan dengan menggunakan metodePenemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning). 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa di kelas VII-3 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning). 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa di kelas VII-3 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung melalui penerapan metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII-3 MTs Al – Jam’iyatul Washliyah Tembung dengan jumlah siswa 40 orang dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa, wawancara, dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dengan dua kali Pertemuan dan Siklus II dengan dua kali Pertemuan. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika dalam bentuk uraian pada materi ajar Segitiga dan Segi empat. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) pada siklus I yakni siswa yang tuntas belajar berjumlah 29 siswa atau 72,5 %. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan belajar Secara klasikal. 2) Hasil belajar matematika siswa pada siklus II yakni siswa yang tuntas belajar berjumlah 35 siswa atau 87,50% dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus II. Dari penemuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII-3 MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Penemuan terbimbing; Matematika; Hasil belajar; Metode belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2017 08:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26415

Actions (login required)

View Item View Item