ANALISIS KESULITAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PELUANG

Sinaga, Nova Yanti and Sinaga, Bornok (2017) ANALISIS KESULITAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PELUANG. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 8 Medan dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan peluang. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2, dan objek penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Medan dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan peluang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes (berbentuk soal cerita) dan wawancara. Dari hasil analisis tes yang dilakukan terhadap 43 siswa diperoleh kemampuan siswa dalam menyelesaikan tes yaitu 0 siswa (0%) yang memiliki kemampuan tinggi, 3 siswa (6,98%) yang memiliki kemampuan sedang, 34 siswa (79,07%) yang memiliki kemampuan rendah, dan 6 siswa atau (13,95%) yang memiliki kemampuan sangat rendah. Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang, yaitu: 1) Kesulitan fakta, siswa salah dalam membuat rencana penyelesaian dimungkinkan karena kesalahan dalam menafsirkan maksud soal, 2) Kesulitan konsep, siswa tidak dapat membedakan penggunaan rumus kombinasi dan permutasi, 3) Kesulitan prosedur, siswa masih mengalami kesulitan dalam pengerjaan operasi hitung bilangan faktorial, 4) Kesulitan prinsip, siswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip-prinsip yang ada seperti “kaidah pencoretan” pada bentuk pembagian bilangan faktorial. Adapun faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang, antara lain adalah karena siswa salah dalam membedakan penggunaan rumus permutasi dan kombinasi, siswa mudah lupa akan materi yang diajarkan, dan juga siswa kurang banyak berlatih dalam pengerjaan soal, serta kurangnya minat siswa untuk belajar matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Peluang; Soal cerita; Kesulitan siswa; Menyelesaikan soal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2017 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26412

Actions (login required)

View Item View Item