Sitompul, Syuhada and Fitri, Laila (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA MTS AL JAM’IYATUL WASHLIYAH TEMBUNG. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Fulltext.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan belajar dalam pembelajaran metematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Jam’iyatul Washliyah Tembung T.P 2015/2016. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 42 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan belajar matematika siswa menggunakan model Team Assisted Individualization pada pokok bahasan keliling dan luas lingkaran. Jenis penelitian dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data pada penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 35,71% (15 siswa), siklus I mencapai 57,14% (24 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 21,43%, siklus II mencapai 73,81% (31 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 16,61%, serta siklus III mencapai 88,10% (37 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 14,29%. Dengan demikian pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥ 85% siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara individu ≥ 70%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengunaaan model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Jam’iyatul Washliyah Tembung T.P 2015/2016.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Kemampuan belajar; Team assisted individualization |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 07:34 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26407 |
Actions (login required)
View Item |