PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Siahaan, Niota Selfia (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133342079 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133341079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133341079 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133341079 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133341079 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133341079 TABLES.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133341079 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133341079 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7133341079 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133341079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Dharma Pancasila Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila dengan jumlah siswa 52 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket sebanyak 24 butir dan 23 butir, angket dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,934 untuk variabel kecerdasan emosional dan 0,910 untuk variabel kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,766, sedangkan uji t menunjukkan nilai 3,343 dengan sig 0,02 untuk uji hipotesis 1 dan nilai 3,850 dengan sig 0,00 untuk uji hipotesis 2. Selanjutnya uji F diperoleh nilai 81,302 dengan sig 0,00 untuk hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196108151978031001
Call Number: SK-2017 EKO 078
Keywords: kecerdasan emosional; kepercayaan diri; prestasi belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26396

Actions (login required)

View Item View Item