MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS A QUESTION (LSQ) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 050615 NAMU UKUR KECAMATAN SEI BINGAI T.A 2016/20217

Handayani, Usi Kuswuri (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS A QUESTION (LSQ) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 050615 NAMU UKUR KECAMATAN SEI BINGAI T.A 2016/20217. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
01. COVER USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR TABEL USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR GRAFIK USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR GRAFIK USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR LAMPIRAN USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
09. BAB I USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
13. BAB V USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA USI KUSWURI HANDAYANI (NIM. 1133311008).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, siswa kurang terampil dalam bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 050615 Namu Ukur materi pokok Gaya melalui penerapan model pembelajaran Learning Start a Question. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan yang berasal dari siswa kelas V pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi guru dan angket aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Learning Start a Question dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Gaya di kelas V SD Negeri 050615 Namu Ukur T.A 2016/2017 dengan menggunakan observasi yang diperoleh pada siklus I Pertemuan I masih 3 siswa (12,50%) dan pertemuan II menjadi 12 siswa (50%) namun hasil yang didapatkan masih belum sesuai dengan kriteria keaktifan belajar pada setiap siswa . untuk itu peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II Pertemuan I kemudian mengalami ketingkatan menjadi 19 siswa (79,16%) dan pertemuan II meningkatkan menjadi 24 siswa (100%). Hal ini membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa sampai pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 75%. kemudian hasil observasi guru dalam mengajar menggunakan model Learning Start a Question juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada kondisi awal adalah 55,55, pada kondisi awal belum menggunakan model pembelajaran Learning Start a Question pada siklus I Pertemuan I menjadi 71,29 dan pada pertemuan II menjadi 78,70. Pada siklus II nilai rata-ratanya 78,70 kemudian pada pertemuan II meningkatkan menjadi 88,90 sudah menggunakan model pembelajaran Learning Start a Question. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Start a Question merupakan salah satu model pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan memberi peluang siswa untuk berfikir sistematis. Kepala sekolah hendaknya mengupayakan penyediaan buku-buku penunjang peningkatan profesional guru, terutama buku tentang model pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 215
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; Model pembelajaran learning starts a question (LSQ)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:48
Last Modified: 15 Sep 2017 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item
View Item