PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS

Lestari S., Ramadhani Putri (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERPASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133131049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133131049 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133131049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133131049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133131049 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133131049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133131049 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133131049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133131049 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133131049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133131049 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133131049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133131049 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133131049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133131049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133131049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133131049 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133131049 BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133131049 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133131049 BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133131049 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133131049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan mengggunakan model DI pada pokok bahasan reaksi redoks, serta untuk mengetahui korelasi hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Binjai yang berjumlah delapan kelas dengan total jumlah siswa 296 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Masing - masing kelas terdiri atas 38 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan model PBL. Sedangkan siswa pada kelas kontrol dibelajarkan menggunakan model DI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, dan reliabilitas. Sedangkan untuk mengukur ranah afektif digunakan lembar observasi penilaian sikap untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, kemampuan berpikir kritis siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test satu pihak (pihak kanan). Rata – rata hasil belajar siswa diperoleh 75,16 untuk kelas eksperimen dan 70,63 untuk kelas kontrol. Rata – rata kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh 40,17% untuk kelas eksperimen dan 31,49% untuk kelas kontrol. Untuk korelasi hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh r = 0,657. Dengan demikian, uji hipotesis hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan korelasi tolak Ho (terima Ha). Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model PBL dengan media kartu berpasangan lebih tinggi dari model DI pada pokok bahasan reaksi redoks. Serta ada korelasi antara hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model PBL dengan media kartu berpasangan pada pokok bahasan reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 KIM 071
Keywords: Hasil belajar kimia; Kemampuan berpikir kritis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:47
Last Modified: 14 Sep 2017 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26382

Actions (login required)

View Item
View Item