PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Marbun, Marlina (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 7132141025 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 7132141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 7132141025 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 7132141025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 7132141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NM. 7132141025 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 7132141025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 7132141025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 7132141025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7132141025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7132141025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan, Jl. Karang Sari No.435 Medan Polonia, adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yaitu terdiri dari 2 kelas yakni kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang. Dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitin ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) daan uji secara simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (4,213>1,995). 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,562 > 1,995). 3) terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara minat belajar ekonomi dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung>Ftabel (56,371 > 3,14). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variable bebas terhadap variable terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,634 yang artinya sebesar 63,4 %% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh minat belajar (X1) dan kompetensi guru (X2). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat195303131979031003
Call Number: SK-2017 EKO 076
Keywords: Minat belajar; Kompetensi guru; Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26381

Actions (login required)

View Item View Item