HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA SMA MULIA TANJUNG SARI MEDAN

Suhariani, (2007) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA SMA MULIA TANJUNG SARI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 055020344 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020344 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020344 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020344 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020344 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020344 BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020344 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 055020344 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan rnendeskripsilcan hubungan Persepsis siswa terhadap kemampuan komunikasi guru dengan hasil belajar PPKN siswa, hubungan motivasi berprestasi siswa dengan basil belajar PPKN siswa, dan hubungan Persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi guru dan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar PPKN siswaPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional karena melihat hubungan antar variabel penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Mulia Tanjung Sari Medan yang berjumlah 160 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 67 orang siswa kelas 1 teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk variabel persepsi siswa terhadap kemamuan omunikasi guru dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,874, variabel motivasi berprestasi siswa dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,876, dan tes hasil belajar PPKN dengan koefisien reliabilitas r11 = 0,883. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi produk momen, regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial serta uj i-t.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1). terdapat hubungan positif yang berarti persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi guru dengan hasil belajar PPKN siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,7359 atau r2 = 0,5415 dan thitung= 8,76 > ttabel = 1,67 dengan dk = 65 pada taraf kepercayaan α = 0,05, (2). terdapat hubungan positif yang berarti motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar PPKN siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,8557 atau r2 = 0,7322 dan thitung = 13.33 > ttabel = 1,67 dengan dk = 65 pada taraf kepercayaan α= 0,05, (3) terdapat hubungan positif yang berarti antara persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi guru dan motivasi berprestasi siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKN siswa . Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,8890 dengan indeks deterrninasi R2 = 0,7903 dk = 65 pada taraf kepercayaan α= 0,05 yang berarti bahwa 79.03 % hasil belajar PPKN siswa SMA Mulia Tanjung Sari Medan dapat dijelaskan dengan variabel persepsi siswa terhadap kemampuan komunikasi guru dan motivasi berprestasi siswa secara bersama-sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 30.329+0.377X1 + 2.174X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYurmaini, UNSPECIFIED
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Call Number: 371.102 2 Suh h
Keywords: Persepsi Siswa; Komunikasi Guru; Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item