PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA TTS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI REDOKS DI SMA

Astuti, (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA TTS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI REDOKS DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132131003 COVER.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132131003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4132131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan media Powerpoint dan media TTS melalui model Problem Based Learning pada materi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X peminatan bidang IPA SMA Negeri 2 Binjai yang berjumlah 8 kelas dengan total jumlah siswa 296 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik Random Sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Teka Teki Silang dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Powerpoint. Masing - masing kelas terdiri atas 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari satu ranah yaitu kognitif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan Instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk Objective Test dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi secara Expert Judgement, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, dan reliabilitas. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,058 sedangkan ttabel = 1,973 untuk α = 0,05 dan dk = 68. Dengan demikian thitung > ttabel maka uji hipotesis hasil belajar siswa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media Powerpoint melalui model Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media TTS melalui model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKembaren, Agus196808141994031004
Call Number: SK-2017 KIM 070
Keywords: Problem based learning; Power point; Teka teki silang; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26379

Actions (login required)

View Item View Item