PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII-6 MTsN 1 PADANGSIDIMPUAN

Siregar, Nurkhairunnisa (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII-6 MTsN 1 PADANGSIDIMPUAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a matchdi kelas VIII-6MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mana dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar tes essay untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun teknik analisis data dengan memakai analisis data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal sebelum diterapkan model pembelajaran make a match kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih sangat rendah dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 11,6 dengan persentase keseluruhan siswa yang tuntas 21%, dimana dari jumlah keseluruhan siswa hanya 8 siswa yang tuntas dalam menyelesaikan soal pretes artinyakemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih sangat rendah. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan, hasil tes siklus I pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata siswa 63,55 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 36,84%, dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 73,26 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 55,26%. Selanjunya pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata siswa 81,15 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 71,05%, dan pertemuan ke-2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,78 dengan persentase ketuntasan pemahaman konsep 86,84%. Jadi, model pembelajaran make a match dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran Matematika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Make a match; Pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2017 09:06
Last Modified: 12 Sep 2017 09:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26372

Actions (login required)

View Item
View Item