PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017

Sinambela, Romauli (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4133111049 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4133111049 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 4133111049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 4133111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 4133111049 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 4133111049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4133111049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4133111049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4133111049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4133111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 4133111049 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 4133111049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 4133111049 TABLES.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 4133111049 TABLES.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4133111049 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4133111049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4133111049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4133111049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 4133111049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 4133111049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4133111049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4133111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan perangkat yang dikembangkan, (3) menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Karena keterbatasan peneliti, penelitian yang dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H pada Uji Coba I dan siswa kelas VII-F pada Uji Coba II di SMP Negeri 6 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemahaman konsep, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba I sebesar 88,57% dan pada uji coba II sebesar 91,18%, b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba I dan uji coba II, c) respon siswa terhadap pembelajaran positif pada uji coba I sebanyak 48,6% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 51,4% siswa merespon dengan kategori baik dan pada uji coba II sebanyak 47,05% siswa merespon dengan kategori sangat baik dan sebanyak 52,95% merespon dengan kategori baik, dan d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan uji coba II; (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep pada uji coba I sebesar 81,6 meningkat sebesar 4,25 menjadi 85,85 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 88,57% meningkat sebesar 2,61% menjadi 91,18% pada uji coba II; dan (3) karakteristik perangkat pembelajaran berupa LKS yang efektif antara lain: a) memuat masalah kontekstual yang responsif terhadap budaya anak, b) tidak menggunakan kalimat panjang, c) memuat gambar, dan d) jawaban permasalahan pada LKS tidak harus tunggal. Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang dikembangkan adalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 077
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Pendekatan Matematika Realistik; Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Sep 2017 14:54
Last Modified: 14 Sep 2017 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26360

Actions (login required)

View Item
View Item