PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SMA SWASTA METHODIST-1 MEDAN

Ginting, Sangap (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SMA SWASTA METHODIST-1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
015020082 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020082 Abstrak.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020082 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020082 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020082 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020082 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah terhadap basil belajar matematika siswa berdasarkan motivasi berprestasi siswa yang tinggi dan rendah dan mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Ilipotesis dalam penelitian ini adalah : (a) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pemecahan masalah umum lebih tinggi jika dibandingkan dengan strategi pemecahan masalah spesifik. (b) Hash! belajar matematika siswa yang motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang motivasi berprestasi rendah dan (c) Terdapat interaksi antara strategi pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa terhadap hash! belajar matematika.Penelitian ini dilakukan di kelas 1 SMA Swasta Methodist - 1 Medan, menggunakan metode eksprimen dengan desain faktorial 2x2 dan sampel berjumlah 83 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes motivasi berprestasi dan tes basil belajar matematika siswa. Tes motivasi berprestasi untuk mengetahui tinggi dan rendahnya motivasi berprestasi siswa sedangkan untuk mengukur pencapaian basil belajar matematika digunakan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan.ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe pada taraf signifikansi &#945;= 5%.Penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan ANAVA 2x2 adalah : (a). Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pemecahan masalah umum lebih tinggi jika dibanditigkan dengan strategi pemecahan masalah spesifik (Fhitung = 43,48 > Ftabel = 3,96); (b). Hasil belajar matematika siswa yang motivasi berprestasitinggi lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang motivasi berprestasi rendah ( Fhitung = 88,76 > Ftabel = 3,96) dan (c). Tidak terdapat interaksi antarastrategi pemecahan masalah dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika ( Fhitung =1,30 < Ftabel = 3,96).Melalui uji hipotesis ditemukan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah umum lebih baik dari pada strategi pemecahan masalah spesifik terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMA diharapkan guru dapat menggunakan strategi pemecahan masalah umum dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Thesis advisorYusri, 131112282
Call Number: 373.028 4 Gin p
Keywords: Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar Matematika; Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item