EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DIKELAS X MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Anissa, (2008) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DIKELAS X MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.docx.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.docx.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar isi.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan LKPD melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016/2017. Untuk mengetahui keefektifitasan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan kriteria : (1) Ketuntasan belajar siswa tuntas secara klasikal (2) Peningkatan ketrampilan proses dan sikap siswa tercapai dan (3) Hasil observasi dikategorikan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA-4 MAN Lubuk Pakam yang berjumlah 40 orang. Instrumen penilaian dalam penelitian ini ada 3 yakni instrumen kognitif, psikomotorik dan afektif. Pada siklus I kemampuan kognitif diperoleh nilai ratarata sebesar 77,96 dan hasil siklus II adalah 84,06. Ketuntasan klasikal siswa pada siklus I sebesar 60% (24 siswa/ tuntas) dan siklus II ketuntasan klasikal sebesar 92,5% (37 siswa/ tuntas). Tindakan dihentikan pada siklus II dengan tercapainya kriteria ketuntasan klasikal. Hasil observasi kemampuan psikomotorik siswa mengalami peningkatan dari pada siklus I (78,75) ke siklus II (87,46). Untuk kemampuan afektif juga mengalami peningkatan rata-rata yang diperoleh dari pada siklus I (83,75) ke siklus II (88,50). Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD melalui pendekatan saintifik efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa baik kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif terbukti dari tercapainya ketiga kriteria keefektifan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAryeni, 196808281993032001
Call Number: SK-2017 BIO 088
Keywords: efektivitas, LKPD, pendekatan saintifik, psikomotorik, afektif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180 Experimental psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 12:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item