PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MAHASISWA AMIK MBP MEDAN

Sembiring, Iswanto (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MAHASISWA AMIK MBP MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045020286 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020286 Abstrak.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020286 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020286 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020286 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020286 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui_perbedaan hasil belajar matematika antara mahasiswa yang diajar denan strategi pemberajaran berbantuan komputer mengunakan program Ms. Excel dan mahasiswayang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan komputer mengunakan program Ms. Power Point, mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika mahasiswa yang mernilikimotivast berprestasi tinggi dengan ahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, serta mengetahui apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran berbantuan komputer dan motivasi berprestasi alam mempengaruhi hasil belajar matematika.enelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang ditaksanakan di AMIK MBP edam Populasi dalam penelitian ini sebanyak 478 orang mahasiswa dari jurusan najemen Informatika dan sebagai sampel berjunilah sebanyak 80 orang mahasiswa diambil dengin cluster random sampling, terdiri dari 40 orang mahasiswa kelas -04 yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran berbantuan komputer nenggunakan program Ms. Excel dan 40 orang mahasiswa kelas M107-09 yang endapat perlaktian strategi pembelajaran berbantuan komputer menggunakan program Power Point. Anoket diberikan kepada mahasiswa untuk mengklasifikasikan nahasiswa yang memiliki motivasi tinggi dan mahasiswa yang memiliki motivasi rendah_ ntuk menguji hipotesis, hasil belajar yang digunakan adalah hasil belajar matematika iahasiswa yang memiliki motivasi tinggt dan mahasiswa yang memiliki motivasi rendah. ji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan untuk lenyajikan data digunakan statistik inferensial yaitu ANAVA 2 jalur. Sebeluin ANAVA jalur digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji rmahtas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett.Instrumen penelitian hasil belajar matematika menggunakan tes berbentuk pilihan berganda berjumlah 30 Butir dan memiliki reliabilitas 0-,68 menggunakan rumus K-R 20. untuk memiliki mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah menggunakan angket motivasi berprestasi berjumlah 38 dan memiliki reliabilitas 0,73 menggunakan rumus K-R 20.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan komputer menggunakan program Ms. Excel memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi -dibandingkan dengan strategi pembelajaran berbantuan konter menoounakan program Ms.Power Point. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitunghituft = 9,98 >-Ftai,e1 = 196 pada taraf signifikan Mahasiswa yang memilikimotivasi berprestasi tinggi hasil belajar matematikannya lebih tinggi dibanding dengan mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung =5,29 > Ftabel= 3,96 pada taraf signifikan dengan (dk) = 1,76 dan terdapat interarcsiantara strategi pembelajaran berbantuan komputer dan motivasi berprestasi terhadaphasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 35,62 >Ftabel= 3,96 pada tarafsignifikan α=0,05.Dengan uji lanjut menggunakan uji Scheffe dibuktikan bahwa mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbantuan komputer men.nakan program Ms. Excel memperoleh basil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaranberbantuan komputer menggunakan program Ms. Power Point. Sedangkan mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah memperoleh hasil belajar lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran. berbantuan komputer menggunakan program Ms. Excel.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031014
Call Number: 378.002 84 Sem p
Keywords: Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2634

Actions (login required)

View Item View Item