PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2016/2017

Dewy, Nurwenny Ratna (2008) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
(1) NIM 4133341071 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(2) NIM 4133341071 LBR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
(3) NIM 4133341071 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(4) NIM 4133341071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(5) NIM 4133341071 KT PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(6) NIM 4133341071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(7) NIM 4133341071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(8) NIM 4133341071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(9) NIM 4133341071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(10) NIM 4133341071 BAB 1.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(14) NIM 4133341971 BAB 5.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(15) NIM 4133341071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Inquiry pada materi Ekosistem di kelas X IPA MAN 2 MODEL MEDAN tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA sebanyak 9 kelas dan sampel diperoleh secara acak atau random sampling yaitu kelas X IPA 1 untuk kelas eksperimen 1 menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah siswa 39 orang, kelas X IPA 2 untuk kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Inquiry dengan jumlah siswa 39 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 30 soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen Problem Based Learning 73,97 : SD 12,85 dan kelas eksperimen Inquiry 65,95 : SD 10,23 dan dilakukan uji-t dengan α = 0,05 diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Rosita195206231976032001
Call Number: SK-2017 BIO 111
Keywords: hasil belajar; problem based learning; inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 11:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item