PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN T.P. 2016/2017

Lestari, Sri Endang (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUALUH SELATAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4133141078 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4133141078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4133141078 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4133141078 PREFACE.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4133141078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4133141078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4133141078 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4133141078 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4133141078 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4133141078 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4133141078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dimana populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan yang terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian diambil acak kelas sehingga didapatkan dua kelas sebagai sampelnya yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model Numbered Heads Together dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II yang diajar dengan model Think Pair Share yang masing-masing terdiri dari 24 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 30 soal sebagai soal pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t. Dari hasil perhitungan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil belajar siswa dari kedua kelas dinyatakan normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dan model pembelajaran Think Pair Share, dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together sebesar 89,10, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share sebesar 75,83. Perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung > ttabel (5,529 > 1,6801). Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together dengan Think Pair Share pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kualuh Selatan T.P. 2016/2017. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik dari model pembelajaran Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipayung, Mariaty195802231986012001
Call Number: SK-2017 BIO 116
Keywords: Model Pembelajaran, Numbered Heads Together, Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 11:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26318

Actions (login required)

View Item View Item