PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DIKELAS XI IPA MAN TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Siregar, Rafika Dewi (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DIKELAS XI IPA MAN TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4113341032 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4113341032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4113341032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4113341032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4113341032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4113341032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4113341032 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4113341032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4113341032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4113341032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4113341032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inquiry dan mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa dengan metode Inquiry dan metode Discovery pada sub materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA MAN Negeri TanjungBalai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI MAN Tanjungbalai yang terdiri dari 4 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 orang yang diambil secara acak (random). Kelas pertama sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran dengan metode Inquiry, dan kelas kedua sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan metode Discovery. Data yang diambil adalah perbedaan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan berganda yang telah valid dengan reliabilitas tinggi yaitu 0,784 dengan jumlah soal sebanyak 25 butir. Hasil perhitungan nilai rata-rata untuk kedua kelompok yaitu 1 X = 71, SD = 12,57 dan 2 X = 59,75, SD = 12,29 menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode Inquiry memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode Discovery. Dari hasil perhitungan persentase peningkatan hasil belajar ditemukan bahwa persentase hasil belajar dengan menggunakan metode Inquiry adalah 41,19 % dan persentase peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Discovery adalah 27,61 %. Dari hasil perhitungan statistik uji t menunjukkan bahwa thitung = 4,06. Pada  = 0,05 dengan ttabel = 1,994 H0 diterima jika -1,994 < thitung< 1,994 dan Ha diterima jika thitung tidak berada pada wilayah -1,994 dan 1,994. Dengan demikian dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan metode Inquiry dan metode Discovery pada sub materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA MAN TanjungBalai Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRESTUATI, MARTINA196303211988032002
Call Number: SK-2017 BIO 121
Keywords: INQUIRY, DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Q Science > QK Botany > QK504 Cryptogams
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 11:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26315

Actions (login required)

View Item View Item