ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARBACH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2016/2017

Fadhilah, Helvinatari (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERTANYA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARBACH PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
1_COVER.PDF - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2_APPROV.PDF - Published Version

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3_ABSTRA.PDF - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4_PREFAC.PDF - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5_TABLE_.PDF - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6_ILLUST.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7_TABLES.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8_APPEND.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9_CHAPTE.PDF - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Other
13_CHAPT.PDF - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14_BIBLI.PDF - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

kategorisasi pertanyaan siswa, dan mengetahui kualitas pertanyaan siswa berdasarkan Taksonomi Marbach pada materi Sistem Ekskresi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposive sample berjumlah satu kelas yaitu XI IPA 2 yang berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas pertanyaan siswa berdasarkan jumlah siswa yang bertanya secara tertulis lebih banyak daripada secara lisan. Kuantitas pertanyaan siswa berdasarkan jumlah pertanyaan yang diajukan siswa lebih banyak yang mengajukan pertanyaan secara lisan daripada tertulis. Semua kategori pertanyaan berdasarkan Taksonomi Marbach terdapat pada pertanyaan siswa secara keseluruhan yaitu kategori 0 = 3,28%, 1a = 18,03%, 1b = 9,02%, 2 = 22,13%, 3 = 11,48%, 4 = 22, 95%, 5 = 8,20%, dan 6 = 4,92%, hal ini dapat disimpulkan bahwa pertanyaan yang paling banyak muncul ialah kategori 4 yaitu pertanyaan di mana siswa mencari informasi lebih dari yang tersedia dalam buku teks (pertanyaan penggalian informasi). Kualitas pertanyaan siswa berdasarkan pengelompokan menjadi 4 tipe pertanyaan didapatkan bahwa pertanyaan yang paling banyak muncul termasuk kedalam tipe III, sedangkan kualitas pertanyaan siswa berdasarkan pengelompokan menjadi 3 kelompok yang lebih luas menunjukkan bahwa banyak pertanyaan yang masuk kedalam kelompok 2 yaitu pertanyaan deskripsi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan bertanya siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 10 Medan T.P 2016/2017 dapat dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 19640424 198903 1 027
Call Number: SK-2017 BIO 120
Keywords: KEMAMPUAN BERTANYA; TAKSONOMI MARBACH; EKSKRESI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 11:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26314

Actions (login required)

View Item View Item