EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 064034 KEC. MEDAN JOHOR

Selian, Khalida Mustika and Selian, Dewi Fitria (2017) EFEKTIVITAS METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 064034 KEC. MEDAN JOHOR. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img] Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan Metode Bermain Peran dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 064034 Kec. Medan Johor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas penggunaan Metode Bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 064034 Kec. Medan Johor. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu metode yang digunakan adalah Metode Bermain Peran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Model yang digunakan adalah model The four Level Kirkpatrick (reaction, learning, behaviour, and result). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 064034. Objek dari penelitian ini adalah Metode Bermain Peran terhadap hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) level reaksi, reaksi siswa terhadap metode pembelajaran Bermain Peran sangat antusias, karena baru pertama kali menggunakan metode ini dalam pelajaran matematika, namun keadan kurang terkontrol oleh guru karena mengingat kegiatan bermain peran akan memberikan dampak yang lebih aktif dan kurang kondusif, (2) level pembelajaran, dalam kategori baik, hasil posttest siswa menunjukkan kenaikan yang tinggi dibandingkan pada saat pratest, walaupun hasil ini dipengaruhi oleh pengalaman siswa saat mengerjakan pratest, (3) level perilaku, para siswa mengalami peningkatan selain dari hasil belajar, yaitu peningkatan keterampilan sosial dan keterampilan berbahasa. Memainkan peran-peran yang sudah dipersipkan guru dan memainkan peran yang berbeda-beda membuat siswa cepat memahami konsep-konsep matematika terutama dalam konsep jual beli, (4) level hasil, dampak bermain peran tehadap pembelajaran terutama siswa SDN 064034 dalam meningkatkan hasil belajar matematika dalam kategori baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bermain peran; Metode pembelajaran; Hasil belajar; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

View Item View Item