PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017

Pane, Lisnawati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7131141066 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7131141066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7131141066 PREFACE.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7131141066 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7131141066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7131141066 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7131141066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7131141066 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7131141066 CHAPTER I.docx.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7131141066 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7131141066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibanding hasil belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang diajar dengan model pembelajaran Picture And Picture siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jl. STM No. 12 E Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 226 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 37 dan 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima option. Dimana sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Inquiry = 43,92 dan 82,03 dan hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Picture And Picture = 45,54 dan 79,32. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 2,026 sedangakan ttabel sebesar 1,84 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Inquiry lebih tinggi daripada hasil belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Picture And Picture pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMutmainnah, Sri196901161993032002
Call Number: SK-2017 ADP 036
Keywords: Model pembelajaran inquiry; Model pembelajaran picture and picture; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Sep 2017 09:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26271

Actions (login required)

View Item View Item