PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MIS NURUL HASANAH LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Lubis, Elfi Lailan Syamita (2017) PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MIS NURUL HASANAH LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MIS Nurul Hasanah Lubuk Pakam dan mendiskripsikan cara penggunaan garis bilangan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bilangan bulat. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif berupa penjumlahan, pengurangan dan campuran sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media garis bilangan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Nurul Hasanah Lubuk Pakam, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis statistik diskriptif yaitu membuat rata-rata nilai, nilai maksimal, nilai minimal, menghitung persentase, membuat grafik kemudian mendiskripsikan data-data penelitian tersebut, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung bilangan bulat, setelah dilakukan tindakan kelas melalui media garis bilangan. Hal ini dapat ditujukan dengan meningkatnya kemampuan siswa dari sebelum dilakukan tindakan dan sesudah diberikan tindakan. Pada Siklus I ada peningkatan dari rata-rata 39,13 dengan siswa yang tuntas 8,7% (2 orang siswa yang tuntas) meningkat menjadi 68,6 atau sebanyak 65,2% (15 orang siswa yang tuntas) sedangkan pada Siklus II ada peningkatan dari rata-rata 68,6 meningkat menjadi 85,21 atau sebanyak 91,3% (21 orang siswa yang tuntas). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media garis bilangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat pada siswa kelas IV MIS Nurul Hasanah Lubuk Pakam, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media garis bilangan; Kemampuan berhitung; Bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item View Item