PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PERPAJAKAN SISWA SMK NEGERI 1 MEDAN

Eliyanti, Yenni Sum (2009) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PERPAJAKAN SISWA SMK NEGERI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
061188210022 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188210022 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188210022 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188210022 - Bab I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188210022 - Bab V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188210022 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa : (1) hasil belajar perpajakan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran simulasi sosial lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) basil belajar perpajakan siswa yang memiliki kebiasaan belajar tinggi lebih tinggi dan siswa yang memiliki kebiasaan belajar rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar perpajakan.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Program Akuntansi pada SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dan 3 kelas dengan jumlah siswa 108 siswa, dengan sampel penelitian berjumlah 79 siswa. Kelas XI Akuntansi 1 dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Simulasi sosial dan kelas XI Akuntansi 2 dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Untuk menjaring data kebiasaan belajar digunakan dengan angket kebiasaan belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Perpajakan siswa yang diajar dengan model pembelajaran SimulasiSosial (X =68,44) lebih tinggi dan basil belajar siswa yang diajardengan model pembelajaran ekspositori ( X =58,57), dengan Fhitung = 82,10 > Ftabd = 2,63 , (2) hasil belajar perpajakan siswa dengankebiasaan belajar tinggi (X =63,95) lebih tinggi dari hasil belajarsiswa dengan kebiasaan belajar rendah (X = 62,23), dengan Fhttung = 2,68 > Ftabd = 2,63, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar perpajakan, dengan Fhttung = 62,20 > Ftabel = 2,63. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar perpajakan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran simulasi sosial dan ekspositori, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar perpajakan siswa yang memiliki kebiasaan beljar tinggi dengan siswa yang memiliki kebiasaan belajar rendah, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kebiasaan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Thesis advisorSibuea, Abd. Muin195810081981031002
Call Number: 370.152 3 Yen p
Keywords: Hasil Belajar; Perpajakan; Siswa;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item