berminat kelompok tujuan implementation masing kuesioner activity instructional type aspek meeting kecenderungan IJ tindakan student' basil perencanaan kegiatan positively terdiri happy adalah result biology reflection descriptive student wa untuk jigsaw helajar could learning medan research siswa meningkatkan indicated both period dalain doing mencapai pelajaran planning dalam sejak grade diperoleh kooperatiftipe ABSTRACT pembelajaran aktifita designed vignette kela experience 061188230061 qualitative cycle ABSTRAK ini pengalaman questionnaire pelaksanaan action subject menunjukkan juli model melakukan 3th classroom respon rekaman observation mtsn biologi dilakukan parameter increase patumbak didesain dilaksanakan pertahanan pengumpulan dua agustu collection group revealed cognitive dan origin retleksi subjek 5th record dengan data diskusi discussion menggunakan quantitative prilaku respond interested observational jangsung tipe penelitian three respectively technically two each observasi technique mata asal oleh telah senang setiap ketuntasan te nuraini peningkatan very simangunsong diindikasikan vlll teaching deskriptif direct VJJI behavior terhadap increasing teknik percentage pertemuan rease toward cultivate august improvement positif analysi location improve kualitatif aspect expert positive hasil studying cooperative design since melalui perhaikan 2008 guna digunakan response jigsaw' kooperatif 4111 done diterapkan analisi II used VUI yakni july persentase perbaikan tiga jalan merespon consisted test mampu siklu carried hingga pada mengalami collect mengikuti tanggal through penerapan menumbuhkan lokasi kognitif completion tbe SO sangat orang showed tahapan out yang achieve stage belajar kuantitatif berdiskusi achievement carry NIM dari aim ahli aktivita VIII pengamatan mengumpulkan