kelompok tujuan ditindaklanjuti sudah masing serta keterampilan memotivasi ketrampilan berikut tidak tindakan angket basil pembel kegiatan sebelumnya untuk jigsaw inovativ siswa memilih upaya mencapai hendaknya diajukan partisipasi pelajaran prose dalam menerapkan diperoleh diharapkan tersedia sepenuhnya pembelajaran waktu memperoleh itu mendukung kela mengembangkan berbeda sebagian antara ini adanya pelaksanaan 111 bagi aktifdan baik menunjukkan hal model melakukan memperkatikan dijabarkan respon biologi sesuai 109 dilaksanakan lagi simpulan SARAN keterlibatan hidup aktif BABV selalu memacu dan ajaran IMPLIKASI rangcangan dahulu rencana dengan sempuma data diskusi akan saran meng mencoba guru penelitian karakteritik menentukan aktita mata pem telah motivasi pendekatan dimasa belajaran meningkat rasa senang disusun koperatif bab setiap ketuntasan peningkatan sebaiknya suasana III kajian melaksanakan dibelajarkan antusia implementasikannya membangkitkan terhadap ketetapan pertemuan disampaikan 110 telaah pembelajarari membelajarkan materi belum apa positif besar tersebut diterapkari berguna bila IV hasil merancang mempersiapkan dapat lmplikasi melalui maka desain sehingga dilanjutkan kesimpulan haru menjadikan rangka digunakan dihasilkan kooperatif mengingat strategi diterapkan analisi terlebih II dikembangkan lain perbaikan SIMPULAN implikasi mampu siklu pada kreativitasnya prestasi mengikuti penerapan tunta 500 membuat menumbuhkan mandiri efektif ingin sangat menciptakan dampak tern perlu orang menyenangkan yang beberapa minat lebih belajar sebagai berdiskusi interaktif dari karakter membosankan mendatang semua aktivita DAN fasilita PTK berdasarkan tingkat