PENGGUNAAN KARTU BILANGAN (KARTU BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA NURUL HASANAHH PERCUT SEI TUAN

Purba, Elly Nurhayati (2017) PENGGUNAAN KARTU BILANGAN (KARTU BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA NURUL HASANAHH PERCUT SEI TUAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Hasil pengamatan pada pembelajaran Matematika kelas IV SD Swasta Nurul Hasanah Percut Sei Tuan menunjukkan bahwa siswa masih berperan pasif dalam pembelajaran, Proses pembelajaran masih didominansi guru (Teacher Centre), siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Dan lebih buruknya lagi mereka sangat takut terhadap guru matematika, hal ini berdasarkan data angket yang menunjukan bahwa hampir 70 % siswa takut akan kehadiran guru dalam mengajar matematika dan hampir 80 % siswa tidak menyukai pelajaran matematika. Hal Ini terlihat jelas bahwa masih rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan hasil belajarnya pun masih rendah dikarenakan rendahnya penguasaan perkalian pada setiap siswa sehingga kemapuan berhitung siswa rendah. Tujuan dari penelitian Tindakan Kelas ini dengan menggunakan model permainan dapat meningkaatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa. Dengan menggunakan kartu bilangan diharapkan siswa lebih senang dan antusias untuk terlibat langsung dalam pembelajaran matematika, sehingga mereka lebih senang terhadap mata pelajaran matematika dan dengan rasa senang tersebut maka siswa akan termotivasi dan mengakibatkan hasil belajarnya pun meningkat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tesyaitu dengan menggunakan tes isian singkat dan essay dengan maksud mengukur dan menggali kemampuan siswa lebih mendalam pada setiap indikator dan metode observasi yaitu dengan menggunakan lembar pengamatan bebrbentuk checklist dan alternative jawaban “ya “ dan “ tidak “. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 3 siklus dan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan. Pada akhir pelaksanaan tindakan ,disetiap siklus tampak ada peningkatan rasa senang, antusias dan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar pada setiap akhir siklus juga mengalami peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu bilangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang akan diikuti dengan peningkatan hasil belajarnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kartu bilangan; Model pembelajaran; Kemampuan berhitung; Model permainan; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Sep 2017 08:03
Last Modified: 11 Sep 2017 09:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26244

Actions (login required)

View Item
View Item