HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Bancin, Nurul Hasanah (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 3133131035 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 3133131035 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 3133131035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 3133131035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 3133131035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 3133131035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 3133131035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 3133131035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 3133131035 BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 3133131035 BAB VI.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 3133131035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan, 2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan, 3) Hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan. Penelitian ini dilakukan di SMA Amir Hamzah Medan. Populasi penelitian adalah kelas X yang berjumlah 59. Pengambilan sampel dilakukan total sampling, yaitu seluruh siswa kelas X. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes objektif, kemudian dianalisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Kecerdasan emosional siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan yang dinilai melalui 5 indikator termasuk kedalam kategori sedang (44 %), 2) Hasil belajar siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan termasuk kedalam kategori sedang (30 %), 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar geografi siswa di SMA Amir Hamzah Medan ditunjukkan dengan perolehan nilai r = 0,62 yang termasuk kedalam kategori kuat. Untuk menguji hipotesis dilakukan uji statistika t. Diperoleh thitung = 6,00. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel untuk tingkat kesalahan 5% yaitu 2,002. Maka thitung > ttabel (6,00 > 2,002), maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Marlinang195511211980122001
Call Number: SK-2017 GEO 054
Keywords: Kecerdasan emosional; Hasil belajar geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 11:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item