ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2016/2017

Wahyuni, Dina (2017) ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133141016 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133141016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133141016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133141016 TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133141016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133141016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133141016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 12 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara Random Sampling. Teknik untuk mengumpulkan data pengetahuan siswa digunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal pada materi Archaebacteria dan Eubacteria yang telah divalidkan kepada validator kemudian diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda tes. Pengumpulan data sikap siswa digunakan angket sikap pada materi Archaebacteria dan Eubacteria sebanyak 30 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penafsiran skor pengetahuan, persentase tingkat pengetahuan terbesar sebesar 51,25% yaitu sebanyak 41 orang memiliki tingkat pengetahuan yang cukupdan pada penafsiran skor sikap, persentase sebesar 52,25% yaitu sebanyak 42 orang siswa memiliki tingkatan sikap yang cukup baik dimana penguasaan pengetahuan siswa paling tinggi terdapat pada indikator 3 tentang mengelompokkan jenis Archaebacteria dan Eubacteria berdasarkan ciri-ciri yang dimiliknya sebanyak 78,75% dan terendah terdapat pada indikator 2 tentang mengidentifikasikan sruktur sel bakteri dan fungsinya sebanyak 51,5%. Penguasaan sikap paling tinggi terdapat pada tingkatan 3 (menilai) yaitu menghargai pendapat orang lain sebanyak 82,43% dan terendah terdapat pada tingkatan 5 (karakterisasi) yaitu menunjukkan sikap jujur sebanyak 72,3%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa besar nilai korelasi yang terbentuk antara pengetahuan dan sikap siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria adalah sebesar 0,844 (tinggi), dan kontribusinya adalah sebesar 71,23%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Call Number: SK-2017 BIO 064
Keywords: Pengetahuan; Sikap; Archaebacteria; Eubacteria
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 11:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26213

Actions (login required)

View Item View Item