ANALISIS ANTUSIASME BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM PEMINATAN ILMU PENGETAHUAN BAHASA PADA MATA PELAJARAN LINTAS MINAT BIOLOGI DI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Kurniawan, Ahcmad Sulu (2017) ANALISIS ANTUSIASME BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM PEMINATAN ILMU PENGETAHUAN BAHASA PADA MATA PELAJARAN LINTAS MINAT BIOLOGI DI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131141002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131141002 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131141002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131141002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131141002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131141002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131141002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131141002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131141002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131141002 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131141002 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131141002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131141002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131141002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131141002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4131141002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4131141002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131141002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview

Abstract

Program lintas minat pada Kurikulum 2013 merupakan program dan kebijakan baru dari Pemerintah. Program lintas minat menuntut peserta didik untuk mempelajari mata pelajaran yang tidak ada pada program peminatan yang diambilnya dengan alokasi waktu belajar yang terbatas. Salah satu faktor penentu keberhasilan belajar siswa adalah antusiasme belajar siswa dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat antusiasme belajar siswa kelas X Program Peminatan IPB (Ilmu Pengetahuan Bahasa) di MAN 2 Model Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran lintas minat biologi. Sampel penelitian terdiri dari 70 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Jenis penelitian adalah deskriptif servei dengan beberapa metode, yaitu metode angket sebagai instrumen untuk memperoleh data utama dan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi sebagai instrumen untuk memperoleh data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa kelas X IPB (Ilmu Pengetahuan Bahasa) MAN 2 Model Medan pada mata pelajaran program lintas minat biologi memiliki antusiasme belajar tinggi (70,57 %). Indikator antusiasme belajar siswa tertinggi berasal dari indikator ulet dalam menghadapi kesulitan (85,21 %) dan indikator antusiasme belajar siswa terendah berasal dari indikator senang bekerja mandiri (56,76 %).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 063
Keywords: Antusiasme belajar siswa; Lintas minat; Pembelajaran; Mata pelajaran biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 11:24
Last Modified: 11 Sep 2017 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26207

Actions (login required)

View Item
View Item