SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH KOTA MEDAN

Siregar, Muhammad Andre Syahbana (2017) SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3132121006 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3132121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3132121006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3132121006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3132121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3132121006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 3132121006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 3132121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui sejarah berdiri dan berkembangnya Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah di Kota Medan. (2) Untuk mengetahui model pendidikan yang diselenggarakan di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. (3) Untuk menganalisis sejarah perkembangan sistem pendidikan Islam di pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Kota Medan. Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah adalah lembaga pendidikan Islam yang telah berdiri kurang lebih 34 tahun lamanya, maka dari itu tentunya pesantren ini telah mengalami perkembangan dalam melaksanakan sistem pendidikan. Adapun disamping itu, Penelitian yang digunakan adalah penelitian sejarah dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara penelitian lapangan (field research) berupa observasi dan wawancara kepada narasumber serta menggunakan buku-buku yang berkaitan sebagai bahan rujukan. Semua data yang diperoleh, yang berkaitan dengan sejarah, perkembangan, model pendidikan, dan sistem pendidikan Islam pada Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah akan dianalisis dengan menggunakan analisis historis. Sistem pendidikan yang digunakan pada Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum milik pesantren sendiri. Kurikulum pesantren disebut dengan nama Kuliiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI), yang merupakan pengadopsian dari kurikulum Pesantren Modern Gontor. Sisem pendidikan Kuliiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) dan Panca Jiwa yang dimiliki pesantren, menjadikan pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang membangun karakter. Nilai karakter yang ditanamkan pada Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yakni keimanan, kejujuran, bertanggung jawab, percaya diri, kedisiplinan, mandiri serta santun terhadap orang yang lebih tua. Karakter ini juga telah dimuat didalam panca jiwa yang dimiliki pesantren yaitu, Jiwa keikhlasan, Jiwa Keimanan, Jiwa Kesederhanaan, Jiwa Berdikari, Jiwa Ukhuwwah Islamiyah, dan Jiwa Bebas. Hingga sampai saat ini Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah masih menjalankan proses pendidikan, dan pengajaran bagi anak-anak bangsa dalam mewujudkan pendidikan yang membangun karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Hafnita Sari Dewi196101161986011003
Call Number: SK-2017 SJRH 052
Keywords: Pesantren; Ar-Raudlatul Hasanah; Sistem Pendidikan; KMI; Membangun Karakter
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Sep 2017 11:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26205

Actions (login required)

View Item View Item