PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017

Sukma, Tris Melisa (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132121015 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132121015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132121015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132121015 TABLE OF CONTRNT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132121015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132121015 TABLES.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132121015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132121015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4132121015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata - rata pretes kelas eksperimen lebih rendah dari nilai rata- rata kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa tidak ada perbedaan pada kemampuan awal kedua kelas atau sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Nilai ratarata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil postesnya yaitu nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai postes kelas kontrol karena adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSabani, 198004102006041003
Call Number: SK-2017 FIS 133
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Model Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26181

Actions (login required)

View Item View Item