PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Simatupang, Maya Sari (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 4133321052 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 4133321052 APPROVAL SHETT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 4133321052 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 4133321052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 4133321052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 4133321052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 4133321052 TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 4133321052 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 4133321052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133321052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133321052 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa dan sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik Class Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai berjumlah enam soal untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 19,72 dan nilai rata-rata kelas kontrol 20,28. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,44 dan kelas kontrol 68,80. Nilai N-gain hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning adalah 0,70 termasuk pada kriteria nilai tinggi dan dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai N-Gain hasil belajar siswa adalah 0,55 yang termasuk pada kriteria nilai sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk α = 0,05, diperoleh thitung = 3,594 sedangkan ttabel = 2,012. Kriteria pengujian hitung t > tabel t (3,594 > 2,012). sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Edi195706061985031002
Call Number: SK-2017 FIS 191
Keywords: Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item View Item