STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA PRAKTEK KERJA INDUSTRI UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 2 RANTAU PRAPAT LABUHAN BATU

Khairulis, (2009) STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA PRAKTEK KERJA INDUSTRI UNIT PRODUKSI DI SMK NEGERI 2 RANTAU PRAPAT LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
035030249 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030249 Abstrak.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030249 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030249 Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030249 Bab V.pdf - Published Version

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030249 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah strategi manajemen pembelajaran Pendidikan Sistem Ganda pada Praktek Kerja Industri di Unit Produksi, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Pada Praktek Kerja Industri di Unit Produksi SMK Negeri 2 Rantau Utara Rantauprapat?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Pemilihan metode ini didasarkan atas pertimbangan bahwa yang hendak dicari dalam penelitian ini adalah data yang akan menggambarkan dan melukiskan realita yang terjadi dilapangan. Sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pembimbing, instruktur, tata usaha serta siswa.Hasil penelitian ini adalah: (1) Manajemen seleksi siswa baru di SMK Negeri Rantauparapat dilaksanakan dengan melakukan beberapa tes, yaitu : a) Tes Dasar-dasar keahlian industri (sesuai dengan jurusan yang dipilh oleh masing-masing calon siswa), b)Wawancara, c) Tes Minat dan Bakat siswa terhadap industri serta 4) Perengkingan nilai Ujian Nasional SMP/MTs. (2) Manajemen pembelajaran di SMK Negeri 2 Rantauparapat Kabupaten Labuhanbatu menggunakan kurikulum SMK edisi 1999 dan 2004 serta kurikulum rumah industri. Kurikulum ini terdiri dari 3 bagian penting, yaitu Broad Based Education, Competency Based Education, Production Based Learning and Masteri Learning (pelatihan bernuansa produksi dan belajar tuntas). Kurikulum ini diharapkan agar siswa memiliki dan menguasai kompetensi yang diharapkan. (3) Manajemen Pemasaran Tamatan SMK Negeri 2 Rantauparapat Kabupaten Labuhanbatu dilakukan dengan cara memanfaatkan hasil paraktik industyri yang dilaksanakan oleh siswa yang selanjutnya dijadikan awal dari pemasaran tamatan. Para siswa yang telah lulus dalam pembelajaran di rumah produski mendapatkan sertifikat yang dijadikan indikator lulusan yang memiliki komptensi yang sesuai dengan keahliannya masing-masing. Pemasaran juga dilakukan dengan pemanfaatan alumni yang telah bekerja di perusahaan-perusahaan negeri dan swasta untuk melakukan promosi dan jaminan kelayakan.Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa manajemen penyelenggaraan pembelajaran di SMK Negeri 2 rantau Utara adalah bahwa program PSG dapat memacu kreativitas siswa untuk meningkatkan skill bekerja. Sekolah juga dapat meningkatkan kemampuan guru dengan magang industri di perusahaan¬perusahaan serta jalinan kerjasama dengan pihak industri dalam hal penyaluran tenaga kerja terampil yang memiliki kompetensi dan sertifikat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 131412356
Thesis advisorAnsari, Khairil131765530
Call Number: 371.227 Kha s
Keywords: Pendidikan sistem ganda; Strategi manajemen; Strategi pembelajaran; Strategi pemasaran; Penerimaan mahasiswa baru
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD72 Economic growth, development, planning
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item