PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGERI 4 BAHOROK LANGKAT

Agustanto, Bambang (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP NEGERI 4 BAHOROK LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
061188230026 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230026 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230026 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230026 - Bab I.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230026 - Bab V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
061188230026 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang memiliki gaya kognitif Fl dan gaya kognitif FD, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa lnggris siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi elc.sperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang berasal dari 4 kelas VIII (delapan) SMP Negeri 4 Bahorok. Sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dan 2 kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes gaya kognitif untuk membedakan jenis gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 45 soal yang diujikan sebanyak 37 soal saja yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deslcriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett dan Uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dan pada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fait g= 46.40 > Ftabet = 3.12 pada taraf signifilcan a = 0.05, (2) siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi memperoleh hasil belajar bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 49.39 > Fs abej = 3.12 pada taraf signifikan a = 0.05, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal dalam mempengaruhi basil belajar Bahasa Inggris siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 19.29 > Fmk] = 3.12 pada taraf signifikan a = 0.05 dengan dk = ( 1.76).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan basil belajar bahasa Inggris, temyata strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat digunakan bagi siswa dengan gaya kognitif FL Sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif FD lebih efektif dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGultom, Ibrahim195307031986011001
Thesis advisorSitumoran, Julaga195108201978031002
Call Number: 371.3 Bam p
Keywords: Gaya Kognitif; Hasil Belajar; Siswa; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item