PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 2 PORSEA

Siahaan, Sri Hartati (2009) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 2 PORSEA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
055020352 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055020352 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055020352 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055020352 - Bab I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055020352 - Bab V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
055020352 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara siswa hasil belajar dalam ilmu Biologi diajarkan dengan metode penemuan dan metode konvensional. (2) perbedaan Konsep Diri siswa. (3) interaksi antara metode Instuctional dan konsep diri dalam mempengaruhi outome belajar ilmu Biologi.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Porsea Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, dengan menggunakan metode eksperimen semu dengan 2 x 2 siswa faktorial desain sampel 74 yang diambil oleh cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah konsep self test dan uji biologi. Pengujian statistik yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan untuk cara inferensial statis 2 ANOVA digunakan. Sebelum cara 2 ANOVA digunakan pertama kali uji bersyarat dari analisis tanggal, yaitu: uji normalitas sementara Liliefors dan Homogereity uji varians dengan Bartlett pada tingkat signifikansi a = 0,05The 2 x 2 ANOVA pengujian hipotesis pada tingkat signifikansi a = 0,05 menunjukkan bahwa siswa pemikiran manusia dengan metode penemuan memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hal ini terbukti dengan Fhitung 5,43> Ftabel = 3. 98 pada tingkat signifikansi a = 0,05. Siswa dengan konsep diri positif hasil belajar lebih tinggi dari siswa dengan konsep diri negatif ini adalah dengan Fhitung = 4,41> Ftabel = 4,04 pada tingkat signifikansi a = 0,05 dengan tingkat akurasi = (1,24). Dan ada interaksi antara Metode Instruksional dan Konsep Diri siswa menjulang dari hasil Ilmu Biologi ini ditunjukkan oleh Fc.unt = 21,25> Ftabk = 3.98 pada tingkat signifikansi a = 0,05. Dengan menindaklanjuti pengujian menggunakan uji Scheffe.Ada beberapa cara untuk hasil ilmu biologi perbaikan seperti menggunakan metode penemuan dan Konsep diri merupakan salah satu faktor terhadap hasil belajar Biologi Ilmu.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Call Number: 371.3 Sia p
Keywords: Konsep Diri; Hasil Belajar Biologi; Siswa;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2613

Actions (login required)

View Item View Item