IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR

Hijriati, (2017) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) PADA INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4131121017 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4131121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4131121017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4131121017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4131121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4131121017 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4131121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4131121017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4131121017 CHAPTERS I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4131121017 CHAPTERS V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4131121017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)mengetahui hasil belajar siswa dengan implementasi PCK pada inkuiri terbimbing, (2)mengetahui hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional, (3)mengetahui aktivitas belajar siswa dengan implementasi PCK pada inkuiri terbimbing, (4)mengetahui pengaruh implementasi PCK pada inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P. 2016/2017. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan implementasi PCK pada inkuiri terbimbing, dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 25 siswa. Instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dan observasi aktivitas siswa kelas eksperimen. Dari analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 32,00 dan nilai rata-rata postes 74,39 dengan kategori tuntas. Kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 28,27 dan nilai rata-rata postes 64,00 dengan kategori tidak tuntas. Hasil pengujian hipotesis diterima. Rata-rata skor aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai 61,48% dengan kategori aktif. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh implementasi PCK pada inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBunawan, Wawan196812051993031001
Call Number: SK-2017 FIS 128
Keywords: Pedagogical Content Knowledge (PCK); Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Aktivitas
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26129

Actions (login required)

View Item View Item