UPAYA ORANGTUA UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA NELAYAN DI DESA PERCUT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Hia, Sentri Petal (2017) UPAYA ORANGTUA UNTUK MENINGKATKAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA NELAYAN DI DESA PERCUT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133371027_COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133371027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133371027_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133371027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133371027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133371027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133371027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133371027_BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 133371027_BAB V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133371027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya perhatian orangtua terhadap tingkat perkembangan disiplin anak; orangtua terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga perkembangan anak kurang terpantau; kurang terjalinnya interaksi dan komunikasi antara orangtua dengan anaknya dalam mendukung tingkat kedisiplinan belajar anak; rendahnya pendidikan orangtua di keluarga nelayan, mempengaruhi pendidikan anaknya; lemahnya perekonomian orangtua nelayan, mempengaruhi kondisi pendidikan anaknya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya orangtua untuk meningkatkan pendidikan anak pada keluarga nelayan. Latar belakang keluarga yang berbeda akan mempengaruhi karakter dan pendidikan anaknya. “Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Juga dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah dalam keluarga (Hasbullah, 2009)”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah keluarga nelayan sebanyak 30 KK masyarakat di Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan teknik analisis datanya menggunakan rumus P=F/N X 100 %. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan terhadap pendidikan anak pada umumnya tinggi. Dilihat dari jawaban responden total persentase kelas SL dan SR adalah 97.27% sedangkan kelas JR dan TP adalah 2.22%. Memberi bimbingan dalam pendidikan anak pada umumnya tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jawaban responden total persentase kelas SL dan SR adalah 97.61% sedangkan kelas JR dan TP adalah 1.90%. Dilihat dari memotivasi belajar anak dalam meningkatkan pendidikan anak jawaban dari responden total persentase kelas SL dan SR adalah 96.66% sedangkan kelas KD dan TP adalah 3.33%. Kepedulian terhadap lingkungan anak untuk meningkatkan pendidikan anak dilihat dari jawaban responden total persentase kelas SL dan SR adalah 76.66% sedangkan kelas KD dan TP adalah 29.99%. Kasih sayang dari orang tua dalam meningkatkan pendidikan anak dilihat dari jawaban responden total persentase kelas SL dan SR adalah 77.99% sedangkan kelas KD dan TP adalah 23.22%. Pantauan orangtua terhadap anak untuk meningkatkan pendidikan anak dari jawaban responden dengan persentase total persentase kelas SL dan SR adalah 72.21% sedangkan kelas KD dan TP adalah 27.77% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHandayani, Silvia Mariah198601102008122002
Call Number: SK-2017 PLS 039
Keywords: Upaya orangtua; Pendidikan anak
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26116

Actions (login required)

View Item View Item