HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA STABAT T.A 2016/2017

Fatimah, Siti (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA STABAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER SITI FATIMAH NIM 1132171014.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN SITI FATIMAH NIM 1132171014.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK SITI FATIMAH NIM 1132171014.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR SITI FATIMAH NIM 1132171014.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI SITI FATIMAH.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL siti fatimah.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR LAMPIRAN siti fatimah.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB I SITI FATIMAH NIM 1132171014.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V SITI FATIMAH NIM 1132171014.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR pustaka siti fatimah.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. Kurangnya kemampuan anak dalam bersosialisasi. 2. Kurangnya motivasi anak dalam mengikuti pembelajaran. 3. Kurangnya rasa peduli anak terhadap sesamanya. 4. Kurangnya pemahaman guru tentang metode pembelajaran untuk PAUD. 5. Guru kurang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai medium untuk membentuk karakter anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui hubungan positif pembentukan karakter anak dengan metode bercerita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori karakter yang dikemukakan oleh Lickona (dalam Wibowo, 2012:32), “Karakter merupakan sifat alami seseorang dalam merespon sesuatu secara bermoral”. Kemudian teori tentang metode bercerita dikemukakan oleh Bachir (dalam Firmansyah:2014), “metode bercerita adalah cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita dari guru kepada anak didik”. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah sebanyak 35 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi yang ditujukan kepada siswa dan guru, dan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment dan untuk uji hipotesis (uji- t). Hasil analisis korelasi product moment dan uji t untuk mengetahui adakah hubungan antara variabel X dan Y. Dari hasil rumus korelasi product moment diperoleh hasil rhitung sebesar 0,46 dimana ini menunjukkan rhitung > rtabel yaitu 0,46 > 0,33, artinya terdapat “Hubungan positif metode bercerita dengan pembentukan karakter anak”. Sedangkan melalui uji t diperoleh hasil t_hitung sebesar 3. Sedangkan t_tabel sebesar 1,69 jadi 3>1,69 maka Hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSusanti, Sani198204192008122003
Call Number: SK-2017 PLS 038
Keywords: Penggunaan metode bercerita; Pembentukan karakter anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 10:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26115

Actions (login required)

View Item View Item