PENGARUH MODEL PEMBELJARAN SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMASANG LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DAN LAMPU PENERANGAN LAPANGAN (OUT DOOR) KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2

Mendrofa, Darius (2017) PENGARUH MODEL PEMBELJARAN SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMASANG LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DAN LAMPU PENERANGAN LAPANGAN (OUT DOOR) KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5122131004 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5122131004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5122131004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5122131004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5122131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5122131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5122131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5122131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5122131004 BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5122131004 BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5122131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar Memasang Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Penerangan Lapangan (Out Door) Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 2 Medan pada Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 153 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan klaster atau clustter, dimana pembelajaran dengan menggunakan model pembeljaran Superitem ditetapkan pada kelas XI TITL 1 yng berjumlah 29 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Uji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Pada pembelajaran Superitem diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,123<0,168, disimpulkan data dalam kategori normal, dan pada pembelajaran eksplanatori Lhitung < Ltabel yaitu 0,081<0,161, disimpulkan data dalam kategori normal. Uji homogenitas antara pembelajaran Superitem dan eksplanatori digunakan uji kesamaan varians pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 diperoleh bahwa F hitung < Ftabel, yaitu 0.121 < 1,87 maka disimpulkan varians sampel homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh t_Hitung>t_tabel yaitu 3,56 > 1,167, dan diambil kesimpulan siswa yang diajar dengan pembelajaran model Superitem lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran eksplanatori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Wanapri196404011990031004
Call Number: SK-2017 ELK 028
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran superitem; Model pembelajaran eksplanatori
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 08 Sep 2017 09:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26109

Actions (login required)

View Item View Item