UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Pasaribu, Lidia Perawati (2017) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 2 SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 3133111026 COVER.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 3133111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 3133111026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 3133111026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 3133111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 3133111026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 3133111026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 3133111026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa di SMP Negeri 2 Sunggal. Kreativitas adalah kemampuan-kemampuang yang dimiliki oleh anak didik atau siswa dalam proses pembelajaran atau mengembangkan segala potensi atau kemampuan yang ada dalam diri siswa baik dalam diri siswa baik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan keadaan atau objek di lapangan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal yang berjumlah 315 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 15% dari semua populasi yang ada yakni 50 siswa yang diambil secara acak /random sampling. Hasil penlitian menunjukkan guru PPKn sudah melakukan upaya dalam meningkatan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 2 Sunggal. Guru PPKn melakukan upaya dengan maksimal dan mendorong siswa untuk dapat meningkatkan kreativitas belajar. Upaya yang sudah dilakukan oleh guru PPKn dalam meningkatkan kreativitas belajar di SMP Negeri Sunggal diantaranya adalah dengan mengadakan banyak diskusi antar kelompok di dalam kelas dan kemudian menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil disukusi siswa tersebut. Selain itu, guru PPKn juga memberikan tugas untuk mengadakan penelitian di lingkungan sekitar siswa atau di lingkungan keluarga siswa sesuai dengan materi yang sedang dibahas. Akan tetapi usaha yang sudah dilakukan oleh guru PPKn dalam meningkatkan kreativitas belajar di SMP Negeri 2 Sunggal belum mencapai hasil yang yang diinginkan, terbukti dari kenyataannya saat ini, kreativitas belajar di SMP Negeri 2 Sunggal masih tergolong rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: SK-2017 PKN 076
Keywords: Guru, kreativitas, belajar
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Sep 2017 11:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item View Item