PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Tambunan, Sahdiah Hotmaida (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2132111018 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2132111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2132111018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2132111018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2132111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2132111018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2132111018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2132111018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2132111018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 213211101 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 182 siswa. Dari 182 siswa, ditetapkan 70 siswa yang menjadi sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dan tiap-tiap kelas terdiri dari 35 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen Two Group Post-test Design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah memberikan tes untuk menulis teks prosedur kompleks. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur kompleks di kelas yang menggunakan media konvensional masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 61,42 sedangkan kemampuan siswa menulis teks prosedur kompleks di kelas yang menggunakan media pembelajaran flash card termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 77,85. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,55 > 2,03 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media pembelajaran flash card berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmaini, 1956505241990032001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2017 IND 102
Keywords: Media pembelajaran; Flash card; Teks prosedur kompleks; SMA Negeri 20 Medan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2017 16:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26044

Actions (login required)

View Item View Item