nilai taken diterima universita 517 validity determinasi X1 sama interview explained keterampilan seen sample teacher 285 simultaneously perhitungan there sedangkan 7133141122 partially R2 education state wawancara penyebaran show 661 teaching 001 tabel students' terhadap bahwa teknik formula hitung regression angket rumah student' coefficient value secara teachers' indicate free motivation table ekonomi adalah perception berjumlah result keyword alpha student untuk amounted positif analysi outside learning medan research reliabilita siswa koefisien uji program regresi begitu positive diambil persamaan taraf populasi parsial total hasil product disimpulkan pelajaran determination t_table dapat dalam 481 gebang using multiple keseluruhan diperoleh rumu sampel other bersama university croanbanch ABSTRACT 2017 significant equation IPS obtained kata WINDI concluded studi SMA because kela validita level faculty ABSTRAK ini berganda analisi questionnaire calculation lesson fakulta 408 dijelaskan mengetahui menunjukkan moment pengaruh hal ada lain menjelaskan simultan facilitie demikian mengajar explain thu study tentang influence SILALAHI luar JESICA observation pengambilan population test about karena also 161 000 pada sampling beba dilihat skripsi clas impact variabel while reliability based thesi persepsi 285X1 pendidikan collection home accepted negeri dan determine department kunci economic rest dengan data jurusan 314 menggunakan hipotesi berpengaruh yang skill mempunyai menyatakan signifikan guru penelitian belajar sisanya 'perception SPSS 2016 teacher' XI count NIM dari observasi variable technique aim bertujuan oleh facility BR testing simultaneou juga motivasi pengujian fasilita output t_count X2 effect sebesar berdasarkan hypothesi 318 overall