PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 GEBANG T.A 2016/2017

Silalahi, Windi Jesica (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 GEBANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133141122 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133141122 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133141122 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133141122 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141122 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133141122 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133141122 TABLES.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133141122 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133141122 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133141122 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133141122 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Gebang T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 94 siswa dan sampel berjumlah 94 siswa yang diambil keseluruhan karena menggunakan total sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Croanbanch Alpha. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 22 diperoleh persamaan regresi Y = 25,314 + 0,285X1 + 0,517 X2 + e. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis bahwa nilai t_(hitung )X1 nilai sebesar 3,481 > 1,661 dan taraf signifikan α = 0,001 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa secara parsial fasilitas belajar di rumah (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y) pada pelajaran ekonomi . Begitu juga dari pengujian hipotesis uji t variabel bebas keterampilan mengajar guru (X2) mempunyai nilai t_hitung> t_tabel 7,161 > 1,661 dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa secara parsial persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y). Hasil pengujian hipotesis uji F (simultan) bahwa dengan nilai F hitung > F tabel 31,318 > 3,10 dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama – sama (simultan) ada pengaruh fasilitas belajar di rumah (X1) dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,408 yang menjelaskan pengaruh variabel fasilitas belajar di rumah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 40,8%, sedangkan sisanya 59,2 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang menyatakan fasilitas belajar di rumah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Gebang T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJhonson, 196111021987031001
Call Number: SK-2017 EKO 121
Keywords: Fasilitas Belajar di Rumah; Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2017 16:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26032

Actions (login required)

View Item View Item