MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PETA KONSEP TIPE NETWORK TREE DI KELAS IV SD NEGERI 060792 KECAMATAN MEDAN TIMUR

Nurmayani, and Sihombing, Anugerah B (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PETA KONSEP TIPE NETWORK TREE DI KELAS IV SD NEGERI 060792 KECAMATAN MEDAN TIMUR. Jurnal School Education, 01 (02). pp. 29-31. ISSN 2355-1720

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/a...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 060792 Kec. Medan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model peta konsep tipe network tree pada pelajaran IPA dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 39 orang siswa yang terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya dengan observasi terhadap kreativitas belajar siswa dan kegiatan mengajar guru. Dari analisis data observasi pada kondisi awal diperoleh 10 orang siswa memiliki kreativitas belajar baik (26%), 29 orang memiliki kreativitas belajar (74%). Pada siklus I mengalami perubahan yaitu : 1orang memiliki kreativitas belajar sangat tinggi (3%), 15 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (38%), 13 orang memiliki kretivitas belaja rendah (59%). Dan pada siklus II persentase kreativitas belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat kreativitas belajar siswa, yaitu : 5 orang memilik kreativitas belajar sangat tinggi (13%), 29 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (74%), 5 orang memiliki kreativitas belajar rendah (13%). Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh pada angket siklus I adalah :12 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (31%), 27 orang memiliki kreativitas belajar rendah (69%). Dan pada siklus II diperoleh : 5 orang memiliki kreativitas belajar sangat tinggi (13%), 23 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (59%), 11 orang siswa memiliki kreativitas belajar rendah (28%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model peta konsep tipe network tree pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: Kreativitas; Model pembelajaran; Peta konsep; Network tree; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item View Item