PERBEDAAN FINANCIAL LITERACY BERDASARKAN STATUS TEMPAT TINGGAL MAHASISWA DAN PROGRAM STUDI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Alghaniy, Kurnia Dela (2017) PERBEDAAN FINANCIAL LITERACY BERDASARKAN STATUS TEMPAT TINGGAL MAHASISWA DAN PROGRAM STUDI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7131141062 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7131141062 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7131141062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7131141062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7131141062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7131141062 TABLES.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7131141062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7131141062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7131141062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7131141062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7131141062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara financial literacy mahasiswa berdasarkan status tempat tinggal di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, 2) Apakah terdapat perbedaan financial literacy yang signifikan antar mahasiswa Program Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif sekaligus merupakan penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa stambuk 2013 dan 2014 di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang telah mengampu matakuliah manajemen keuangan yang jumlahnya 1142 mahasiswa regular dan ekstensi. Teknik pengambilan sampel menggunakan kombinasi antara proportionate stratified random sampling, sampling purposive dan accidental sampling/sampling incidental dengan jumlah seluruh sampel yaitu 92 orang mahasiswa regular dan ekstensi. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan financial literacy adalah angket yang berjumlah 15 pernyataan dan tes dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 15 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan menggunakan rumus mann whitney test sebagai pengganti uji t dan rumus kruskal wallis sebagai pengganti uji F untuk melakukan pengujian hipotesis. dengan kreteria diterima hipotesis apabila menunjukkn χ²hitung > χ²tabel dengan taraf kepercayaan 95% pada ɑ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Financial literacy mahasiswa baik dimensi kemampuan dan dimensi pengetahuan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan cenderung masuk pada kategori sedang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa; 1) Terdapat perbedaan tingkat financial literacy berdasarkan status tempat tinggal mahasiswa baik dilihat dari dimensi kemampuan financial literacy maupun dimensi pengetahuan financial literacy yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,001 (p<0,05) untuk dimensi kemampuan dan 0,000 (p<0,05) untuk dimensi pengetahuan. 2) Terdapat perbedaan financial literacy baik dimensi kemampuan atau angket maupun dimensi pengetahuan atau tes antar Program Studi yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,001 (p<0,05) untuk dimensi kemampuan dan 0,045 (p<0,05) untuk financial literacy dimensi pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRAHMADANA, M. FITRI19770914 200501 1 003
Call Number: SK-2017 NIAGA 055
Keywords: FINANCIAL LITERACY, STATUS TEMPAT TINGGAL, PROGRAM STUDI.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 Aug 2017 13:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25982

Actions (login required)

View Item View Item