PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017

Oktaviani, Rina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 4131121038 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 4131121038 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 4131121038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02 NIM 4131121038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 4131121038 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM 4131121038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 4131121038 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 NIM 4131121038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 4131121038 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM 4131121038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 4131121038 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06 NIM 4131121038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 4131121038 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07 NIM 4131121038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 4131121038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 NIM 4131121038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 4131121038 BAB I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 4131121038 BAB I.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4131121038 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4131121038 BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4131121038 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4131121038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang yang diberi perlakuan model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping dan X-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang yang diberi perlakuan model konvensional. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes essay dengan jumlah 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel (0,1429<1,9974) menunjukkan kemampuan awal sama, berdistribusi normal dan homogen. Aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping pada materi pokok suhu dan kalor mengalami peningkatan dari 60% menjadi 80%. Hasil rata-rata postes kelas eksperimen adalah 76,97 dan kelas kontrol adalah 72,11. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,330 sedangkan ttabel = 1,668, berarti thitung > ttabel (2,330 > 1,668) hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa akibat model pembelajaran inquiry training berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 3 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 112
Uncontrolled Keywords: Inquiry training; Mind mapping; Konvensional; Hasil belajar; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 14:42
Last Modified: 04 Sep 2017 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25954

Actions (login required)

View Item
View Item