PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 BINJAI

Pangaribuan, Oloan Pandapotan (2007) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 055020383 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 055020383 Abstrak.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 055020383 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 055020383 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 055020383 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 055020383 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar biologi antara siswayang dibelajarkan dengan pendekatan keterampilan proses terbimbing dan pendekatankonvensional, (2) hasil belajar Biologi antara siswa dengan kemampuan berfikir logistinggi dan kemampuan befikir logis rendah dan (3) interaksi antara pendekatanpembelajaran dan kemampuan berfikir logis terhadap hasil belajar biologi.Populasi penelitian adalah siswa kelas X1 IA SMA Negeri I Binjai yang berjumlah4 kelas dengan jumlah siswa 160, sampel penelitian ditetapkan untuk kelas XI IA-2dilaksanakan pendekatan keterampilan proses terbimbing dan kelas XI IA-4 dilaksanakanpendekatan konvensional. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster randomsampling. Instrument penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentukpilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Untuk menjaring data kemampuan berfikir logisdigunakan tes Longeot yang berjumlah 30 pertanyaan. Metode penelitian menggunakanmetode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis datamenggunakan anava dua jalur pada taraf signifikansi cx = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar biologi siswa yangdibelajarkan dengan pendekatan keterampilan proses terbimbing (x = 28,88 ) lebih tinggidari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional x= 26,95 ), dengan Fhitung = 4,97 > Ftabel = 3,968, (2) hash belajar biologi siswa dengankemampuan berfikir logis tinggi 30,62 ) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswadengan kemampuan berfikir logis rendah (x = 25,91 ), dengan Fhitung = 29,02 > Ftabel3,968, (3) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan berfikirlogis terhadap hasil belajar biologi melalui perhitungan statistik diketahui Fhitung = 11,17 >Ftabel= 3,968. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe juga menunjukkan bahwa: (1)hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan keterampilan prosesterbimbing yang memiliki kemampuan berfikir logis tinggi x= 33,44 ) lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berfikir logis rendah (x = 25,83 ), (2) hasil belajarbiologi siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional yang memilikikemampuan berfikir logis tinggi x= 28,11 ) lebih tinggi dari pada siswa yang memilikikemampuan berfikir logis rendah x= 26,00 ).11

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid K., Abdul195802221981031001
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011980031001
Call Number: 574.071 Pan p
Keywords: Berfikir Logis; Hasil Belajar Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item