PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BINJAI

Anggraini, Dewi and Hia, Yasifati (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BINJAI. Jurnal Pendidikan Matematika (INSPIRATIF), 02 (01). pp. 63-75. ISSN 2442-8876

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui bagaimana Strategi penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write yang dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa, dan mengetahui bagaimana peningkatan komunikasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 8 Binjai yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi Bangun Datar Segiempat di kelas VII SMP Negeri 8 Binjai Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematika sebanyak 4 soal. Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa 46,09 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai KKM sebesar 25% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat menjadi 64,25 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 46,88% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat menjadi 76,56 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 81,25% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 8 Binjai sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Article
Keywords: Model pembelajaran; Komunikasi matematik; Bangun datar; Segi empat; Pembelajaran kooperatif; Think talk write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Aug 2017 01:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25909

Actions (login required)

View Item View Item